Sabtu, 22 Oktober 2011

Sejarah singkat tentang SMK Labor


Berdirinya SMK Labor tidak dapat di pisahan dari cita-cita luhur dan mulia dari para pendirinya, dengan sebuah pemikiran yang matang dan ketulusan untuk mewujudkan sebuah lembaga pendidikan yang dapat menampung keinginan masyarakat agar terciptanya tenaga terampil yang memiliki intelektualitas dan kepekaan terhadap lingkungannya serta memiliki kekuatan iman dan bertaqwa.
Almarhum Drs.H. M. Zein Ma’adap (pada saat pendirian menjabat Dekan FKIP UNRI), DR. Syakdanur Nas, Drs. Zulkifli N. M.Pd., DR.Gimin, Dra. Murni Baheram, M.Pd, Dra. Desti Irja, Drs. Said Suhil Ahmad, Mpd., dan Drs. Hendripides, M.Si adalah tokoh di balik berdirinya SMK Labor, sekolah yang kemudian dikenal dengan Labschool Pekanbaru berdiri pada tanggal 26 Oktober 1998 dan tanggal ini lah yang selalu di peringati sebagai hari lahirnya SMK Labor.
Dalam perjalanannya, pertanyaan yang selalu muncul adalah berkenaan dengan nama LABOR mengapa sekolah ini diberi nama Labor? Kata "Labor" selalu identik dengan Laboratorium; dan adalah benar bahwa kata "Labor" itu di ambil dari laboratorium.
Dan penjelasannya adalah; sekolah ini merupakan sekolah yang dikembangkan berdasarkan riset/penelitian dan akan selalu dijadikan tempat riset untuk segala hal berdasarkan potensi yang dimiliki oleh sekolah, Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) dan orang-orang yang berkeinginan untuk mengabdikan dirinya di dunia pendidikan. Bagi mahasiswa FKIP SMK Labor adalah tempat untuk melaksanakan PPL (praktik mengajar), bagi guru-guru SMK Labor; sekolah ini adalah labor untuk mengembangkan ide, konsep dan kreatifitas dalam berbagai bidang ke ilmuan, artinya guru yang berada dilingkungan SMK Labor di tuntut untuk memanfaatkan sekolah ini sebagai objek riset tanpa mengganggu sistem dan kenyamanan siswa dalam kegiatan belajar mengajar; pada kontek ini sekolah ini di dirikan sebagai sebuah laboratorium pengembangan pendidikan dan akan tetap menjadikan “SMK Labor selalu terdepan dalam teknologi pendidikan”.
Dengan nama "Labor", misi yang harus selalu di bawa oleh seluruh civitas adalah jangan pernah berhenti untuk menemukan sesuatu yang baru karena kita berada dalam lingkungan laboratorium dengan kelengkapan yang sangat maksimal dan ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar